Sunday 1 October 2017

Cara membuat seblak yang enak


Saya orang yang hobi makan. Apapun pasti saya makan. Terutama kalau perut melanda kelaparan yang teramat sangat, mungkin kecoa terbang pun akan saya makan dengan lahap dengan lidah menjulur panjang. (Kok kayak iguana, ya ?)

Salah satu makanan favorit saya adalah seblak. Dari dulu memang sudah suka sekali dengan makanan itu. Ketika masih SMA, hampir setiap hari pulang sekolah beli jajanan seblak di depan gerbang. Bahkan karena sering beli jajanan seblak, secara tidak sengaja saya dan abang-abang pedagang bertukar nomor telepon, dan akhirnya kita pacaran sampai sekarang.

Nggak ding, bercanda, hehe.

Apa yang bisa membuat saya jatuh cinta sama seblak ?  Tidak tau kenapa, setiap makan seblak, selalu ada rasa ketagihan. Kalian harus coba! Dari kesukaan makanan khas Bandung itu, rasanya tidak seru seandainya saya tidak bisa masak seblak di rumah.

Setiap abang-abangnya memasak, saya selalu memperhatikan detail bahan-bahan dan cara pembuatannya. Dari situ saya belajar langkah-langkah bagaimana membuat seblak yang baik dan benar.

Kemudian, saya belajar masak di rumah. Hari demi hari rumah menjadi ajang latihan untuk menjadi koki. Akhirnya setelah beberapa percobaan (diiringi beberapa tetangga yang meninggal karena mencicipi) komposisi yang pas berhasil ditemukan! Untuk itu saya ingin berbagi sama kalian yang penasaran dan ingin membuat sendiri di rumah. Inilah resep yang saya buat :

Cara membuat seblak yang enak

Alat :
1.Penggorengan yang lebar
2.Ulekan

Bahan makanan utama :
1. Kerupuk mentah
2. Air dua gelas
3. Mie/Macaroni (tergantung selera)
4. Garam
5. Bumbu penyedap rasa (Royco atau semacamnya)
6. Telor satu buah
7. Minyak

Bahan bumbu cabai :
1. Cabai (sesuai selera, kalau mau pedas cabainya diperbanyak)
2. Bawang putih satu buah
3. Bawang merah satu buah
4. Kencur satu buah
5. Garam secukupnya
6. Gula secukupnya

Cara pembuatan cabai :
1. Pertama-tama cuci sampai bersih semua bahan bumbu cabai (kecuali garam dan gula). Setelah bersih, lalu kupas bagian luar bawang merah, putih, dan kencur. Kemudian campurkan semua bahan bumbu cabai dalam ulekan.
2. Hancurkan hingga rata dengan ulekan semua bahan yang sudah tercampur. Jika sudah, tambahkan garam dan gula secukupnya. Jangan berlebihan maupun kekurangan. Karena Itu bisa merusak cita rasa bumbu cabai.
3. Bumbu cabai sudah siap.

Cara pembuatan seblak :
1. Rebus kerupuk mentah dengan air panas. Aduk supaya kerupuk tersebut merata. Lihat teksturnya sesekali, cukup sampai setengah matang (karena kalau terlalu matang, nantinya akan mudah hancur). Jika sudah, tiriskan.
2. Tuangkan sedikit minyak dalam penggorengan, lalu panaskan. Jika minyak sudah meletup-letup, masukan satu buah telur, dan urak-arik hingga matang secara keseluruhan.  Campurkan garam sedikit dalam telur tersebut.
3.  Kemudian masukan air dua gelas ke dalam penggorengan tersebut hingga agak mendidih. Setelah itu masukan mie/macaroni dan kerupuk yang sudah direbus tadi. Jika tekstur mie sudah setengah matang, masukan bumbu cabai, garam secukupnya, dan penyedap rasa ( jangan terlalu banyak, nanti akan terlalu asin).
4. Aduk hingga semua bumbu merata.
5. Selesai. Seblak siap disajikan dalam piring.

Mudah bukan? Silahkan mencoba! Silahkan komen jika masih ada kekurangan atau ingin menambahkan resep yang saya buat. Ciao!

3 comments:

  1. Waahhh.. Jadi pingin makan seblak nih, terimakasih tips nya untuk memasak seblak, lebih mantap lagi tuh kalau airnya di ganti dengan kaldu ayam, dan diberi daging ayam waahh... Pasti nyammii

    ReplyDelete
  2. Wih terima kasih mba san atas tambahannya. Selamat mencoba memasak seblak

    ReplyDelete
  3. Ahk jangan tulisan doang, coba ditambahin gambar atau video kukira itu lebih keren.

    ReplyDelete